Advertisement

LRI Expo di ICoSI 2023 Menampilkan Beragam Inovasi Mutakhir

Media Digital
Jum'at, 18 Agustus 2023 - 02:17 WIB
Abdul Hamied Razak
LRI Expo di ICoSI 2023 Menampilkan Beragam Inovasi Mutakhir Sejumlah karya inovasi dosen UMY yang ditampilkan dalam LRI Expo yang merupakan salah satu agenda dalam ICoSI 2023. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perhelatan The 7th ICoSI 2023 tak hanya diisi dengan serangkaian kegiatan diskusi. Sebagai tuan rumah, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melalui Lembaga Riset dan Inovasi (LRI) UMY menggelar LRI Expo dalam ICoSI 2023. Belasan karya mutakhir UMY ditampilkan dalam pameran ini.

Kepala Divisi Penguatan Riset LRI UMY, Sabtanti Harimurti menerangkan ada 16 karya yang ditampilkan dalam LRI Expo. Karya-karya ini merupakan hasil penelitian dosen UMY dari berbagai bidang studi.

Advertisement

BACA JUGA: Pengurangan dan Pemilahan Sampah Harus Terus Didorong

"Jadi penelitian itu kan dari awal itu ada yang dasar, ada yang terapan sampai ke produk. Nah ini adalah produk-produk hasil penelitian itu," katanya, Rabu (9/8).

Karya hasil penelitian yang ditampilkan dalam pameran mencakup beragam bidang. Ada bidang sains, teknik, kesehatan hingga sosial.

"Di semua bidang yang ada di UMY itu kami ambil, yang sudah menghasilkan produk-produk kita pamerkan untuk hari ini," katanya.

Beberapa karya yang ditampilkan yaitu Mobile Robot Sterilisation, Cov-Watch: Smartwatch-based Health Telemonitoring, Wheeled Soccer Robot, VTOL Drone, RHIZOEDAMY Biological Fertilizer dan lain-lain.

"Ada pupuk nano yang memperbaiki dari pertumbuhan edamame. Ada canting listrik itu produksi [Jurusan] Teknik Mesin yang mana canting listrik ini bisa mempertahankan suhu," ujarnya.

Ada juga jam yang dikembangkan untuk memantau kesehatan para pekerja. Dulunya jam ini dikembangkan untuk memantau pasien. "Jadi dari rumah sakit itu kan kadang kadang pasien dirawat di rumah, dulu untuk memantau pasien dari luar," katanya.

"Tetapi sekarang pengembangannya bukan untuk pasien, justru untuk orang sehat. Itu dikembangkannya untuk perusahaan-perusahaan yang ingin mengetahui kondisi kesehatan si pegawai. Misalnya ketika masuk kerja apakah si pegawai sehat atau tidak dan sebagainya." (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

PDIP Sleman Buka Penjaringan Calon untuk Pilkada 2024, Ini Kriterianya

Sleman
| Minggu, 28 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Adakan Pengabdian Masyarakat Tingkatkan Kinerja Organisasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Manggarai Barat

Pengabdian UMY
| Jum'at, 02 Juni 2023, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement