Advertisement

Dosen UMY Diseminasikan Hasil Penelitian Komunikasi Bencana di Pacitan

Media Digital
Jum'at, 12 November 2021 - 15:07 WIB
Budi Cahyana
Dosen UMY Diseminasikan Hasil Penelitian Komunikasi Bencana di Pacitan Diseminasi Hasil Penelitian dan Bedah Buku "Humas & Komunikasi Bencana "yang berlokasi di Pacitan, Jawa Timur pada 11 November 2021. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Keadaan bencana adalah sebuah resiko yang mengancam keselamatan, kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat. Perbaikan penanganan bencana dengan pendekatan komunikasi mampu memberikan sumbangsi atas pengurangan ketidakpastian dalam menghadapi bencana, seperti pelaksanan penelitian Hibah PDUPT RISTEK-BRIN “Implementasi E-Government Humas Pemerintah dalam Komunikasi Bencana pada Daerah Rawan Bencana di Indonesia (Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Riau, dan Jawa Timur)” yang dilakukan oleh Dosen Ilmu Komunikasi UMY, Dr. Adhianty Nurjanah, M.Si, Aswad Ishak, M.Si., dan Dosen Ilmu Pemerintahan Sakir Ridho Wijaya, S.IP., M.Si sejak tahun 2019 – 2021.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Untuk mempublikasikan hasil tiga tahun penelitian tersebut, Dosen UMY melakukan Diseminasi Hasil Penelitian dan Bedah Buku “Humas & Komunikasi Bencana ”yang berlokasi di Pacitan, Jawa Timur pada 11 November 2021.  Pada acara Diseminasi Hasil Penelitian & Bedah Buku, Adhianty Nurjanah selaku Ketua Tim Penelitian menyampaikan hasil penelitian bahwa adanya peningkatan penggunaan media komunikasi yakni melalui adanya e-government.

“Humas Pemerintah pada lima daerah rawan bencana telah menggunakan media baru seperti website, aplikasi khusus kebencanaan, Whatsapp, Instagram dan Facebook. Namun disamping itu penggunaan media konvensional dalam mengkomunikasikan kebencanaan tetap masih di gunakan mengingat pada keadaan bencana masih adanya blank spot area pada saat terjadinya bencana,” jelas Adhianty.

Lebih lanjut Adhianty turut menyampaikan rekomendasi atas pentingnya komunikasi informasi koordinasi dan kerjasama (KIKK) antar Organisasi Perangkat Daerah terkait kebencanaan dan pemerintah harus terus menggandeng Komunitas Peduli Bencana baik pada situasi pra, saat, dan pasca terjadinya bencana.

Penyampaian hasil penelitian turut disambut baik oleh Bupati Pacitan, Indarta Nur Bayuaji, S.Sos  dan Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Pacitan, Pujo Setyohadi,S.Pt,

“Kami sangat senang Pacitan menjadi bagian untuk di teliti, karena rekomendasi ini akan mendukung perubahan Pacitan yang lebih baik. Silahkan Pacitan menjadi Lab penelitian terkait kebencanaan untuk memperbaiki system kebencanaan yang ada di Pacitan,” jelas Bupati Pacitan, Indarta Nur Bayuaji, S.S.

Advertisement

Pelaksanaan acara Diseminasi Hasil Penelitian dan Bedah Buku “Humas & Komunikasi Bencana" turut dihadiri oleh OPD terkait kebencanaan di Pacitan diantaranya, Humas Pemerintah Kab. Pacitan, BPBD Kab. Pacitan, Dinas Kesehatan Pacitan, Dinas Sosial Kab. Pacitan, Dinas Kominfo Kab. Pacitan, BAPEDA & BPKAD Pacitan. Kegiatan ini turut di hadiri secara online oleh Protokol Komunikasi Pimpinan Kabupaten Sleman, Protokol Komunikasi Pimpinan Karangasem, Protokol Komunikasi Pimpinan Siak, Protokol Komunikasi Pimpinan Lombok Utara.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa hubungi [email protected] atau mengunjungi www.lri.umy.ac.id. (ADV)

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

DPRD Kulonprogo Godok Raperda Toleransi Bermasyarakat

Kulonprogo
| Selasa, 06 Desember 2022, 05:27 WIB

Advertisement

alt

KKN 207 UMY Bangun Motivasi UMKM di Ngijon Sleman

Pengabdian UMY
| Kamis, 03 Februari 2022, 17:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement